Berbagai Trik Populer dalam Sepak Bola

Melakukan gerakan tertentu saat pertandingan sepak bola sangat umum dilakukan para pemain sepak bola untuk mengelabui lawan dan menciptakan ruang lebih sempurna untuk menembak bola, atau untuk mencetak gol. Berikut ini adalah beberapa trik populer yang dapat dipelajari oleh para siswa sekolah bola anak .

 

Nutmeg

Trik yang pertama adalah nutmeg. Trik ini dapat dilakukan untuk menipu lawan, dengan cara menendang bola sampai melewati kaki lawan. Kemudian, berlari melewati lawan tersebut, lalu mengambil bola dari sisi yang lain.

 

Jump Cut

Trik ini dapat digunakan pada saat melakukan dribbling, bersamaan dengan adanya pemain bertahan di samping. Saat menghadapi situasi demikian, dengan menggunakan bagian luar kaki, bola dipotong pada sudut 90o untuk merubah arah, memotong ke satu sisi dan mengecoh pemain bertahan lawan.

 

Rainbow Kick

Teknik ini cukup jarang dilakukan, karena memiliki kesulitan yang tinggi. Untuk melakukannya, bola dilempar di atas kepala sehingga bola tersebut akan mendarat di depan Anda lalu dengan gerakan seperti hendak salto ke belakang, bola ditendang dengan salah satu kaki. Meskipun jarang dilakukan para pemain yang bertanding, namun Rainbow Kick sangat terkenal berkat karakter Ossie Ardiles dalam film Escape to Victory yang rilis tahun 1981.

 

V-move

Saat pemain lawan ada di depan, tarik kembali bola menggunakan satu kaki. Kemudian, gunakan kaki yang sama untuk mendorong bola ke depan dengan jarak 45o agar sampai di satu sisi yang berlawanan, kemudian berlari melewati pemain bertahan tersebut.

 

Cruyff Turn

Trik Cruyff Turn adalah yang paling efektif dilakukan pemain saat dribbling maju, diikuti pemain lawan yang berlari bersama. Trik ini dapat dilakukan dengan cara menempatkan kaki bagian dalam, kemudian tarik bola dengan lembut agar berada di belakang kaki sebelum berputar dan menjauhi lawan.

 

Stop Turn

Sementara trik stop turn dapat dilakukan untuk mencegah bola bergulir keluar dari permainan. Ketika bola berada di depan Anda, tempatkan satu kaki diatasnya agar menghentikan gerak bola tersebut. Anda juga harus melakukan sejumlah gerakan untuk mengarahkan bola ke arah berlawanan. Saat melakukan trik ini, sebaiknya harus berhati-hati, terutama jika ada pemain lawan yang ikut di belakang Anda.

 

Roulette

Trik Roulette dipopulerkan oleh Zinedine Zidane. Dilakukan dengan cara dribbling bola sambil memutarkan badan di atas bola tersebut sehingga membuat lawan kebingungan.

 

Beberapa trik di atas efektif dilakukan untuk mengecoh pemain lawan. Anda yang berkeinginan menjadikan putra Anda sebagai pemain bola handal, sebaiknya segera sertakan mereka ke dalam sekolah bola anak agar memperoleh pengetahuan dan praktek dari para pelatih handal.

 

 

Sources:

livestrong.com/article/88380-10-soccer-moves-beat-defender/

livestrong.com/article/355849-top-10-soccer-moves/

(diakses pada 24 Maret 2015)

© Brazilian Soccer Schools Indonesia 2019 all rights reserved.

Contact Us