Peraturan FIFA Mengenai Off Side

 

Off side adalah salah satu istilah populer dalam olahraga sepak bola. Untuk Anda yang ingin menyertakan anak di sekolah bola , Anda perlu memberikan berbagai informasi yang dibutuhkan tentang sepak bola, salah satunya adalah soal off side. Terdapat peraturan yang mendasari tentang off side dari FIFA Law of The Game yang perlu diketahui anak Anda untuk memahami peraturan-peraturan dalam dunia sepak bola.

 

Pemain Dinyatakan Off Side

Menurut peraturan FIFA nomor 11 mengenai off side, pemain bola yang dinyatakan dalam posisi off side adalah jika posisi pemain tersebut berada lebih dekat ke garis gawang lawan dibandingkan bola dan pemain kedua terakhir adalah lawan.

 

Sementara itu, pemain yang dinyatakan melanggar adalah saat pemain berada di posisi off side dan menyentuh bola, atau saat teman setimnya aktif memainkan bola dan pemain yang berada di posisi off side mengganggu jalannya permainan sehingga memperoleh keuntungan berada di posisi tersebut dan menghalangi pemain lawan.

 

Kondisi Off Side

Beberapa kondisi yang dinyatakan sebagai pelanggaran off side meliputi:

 

  • Saat penyerang berada di posisi off side dan menyentuh bola yang ditendang rekannya

  • Saat penyerang berada di posisi off side dan bola diumpan oleh rekannya

  • Ketika penyerang berada di posisi off side dan bola ditendang rekannya menuju gawang kemudian penyerang menghalangi pandangan dan pergerakan kiper lawan

  • Saat penyerang berada di posisi off side dan bola ditendang temannya lalu penyerang mengganggu pemain bertahan lawan dari belakang kemudian melewati garis terakhir lapangan lawan

  • Ketika penyerang di posisi off side dan bola ditendang penyerang rekannya kemudian bola tersebut mengarah ke gawang dan ditepis kipper lawan, namun bola tersebut mendarat di kaki penyerang yang berada dalam posisi off side

  • Saat kondisi penyerang ada dalam posisi off side dan saat bola ditendang penyerang temannya, bola tersebut membentur pemain bertahan lawan dan berbelok arah menuju penyerang yang berada di posisi off side

Untuk setiap pelanggaran off side, wasit memberikan tendangan bebas tidak langsung kepada tim lawan, dan dilangsungkan pada tempat dimana pelanggaran tersebut terjadi.

 

Pemain Tidak Dalam Posisi Off Side

Peraturan seorang pemain yang tidak berada dalam posisi off side juga perlu Anda informasikan pada anak yang akan mengikuti pelatihan di sekolah bola. Ringkasan peraturan tersebut adalah jika pemain berada di daerah permainannya sendiri, pemain tersebut sejajar dengan pemain lawan yang kedua terakhir dan sejajar dengan dua pemain lawan terakhir.

 

Sementara itu, pemain yang tidak dinyatakan melanggar adalah jika berada di posisi off side dan menerima bola langsung dari tendangan gawang, menerima bola langsung dari tendangan sudut, dan menerima bola langsung dari lemparan ke dalam.

 

Peraturan off side perlu diketahui oleh pada siswa sekolah bola bersama dengan berbagai peraturan lainnya. Jika Anda tertarik menjadikan anak Anda sebagai seorang pemain sepak bola handal, latih mereka secara profesional sedini mungkin!

 

 

Sources:

thefootballexpress.co.uk/2011/02/law-11-when-is-offside-onside/

kenaston.org/the-pitch/law-11.htm

Diakses pada 10 Mei 2015

© Brazilian Soccer Schools Indonesia 2019 all rights reserved.

Contact Us