Mengenal Stadion Sepak Bola Terbesar di Brazil, Maracanã

Dalam setiap ajang sepak bola dunia, stadion yang digunakan untuk bertanding turut menjadi perhatian penonton. Seperti stadion terbesar di Brazil, Maracanã, yang dipakai saat FIFA World Cup 2014 lalu. Sekarang, saatnya Anda mengenal stadion bernama asli Estádio Jornalista Mário Filho ini.

 

Tentang Stadion Maracanã

Mungkin Anda baru mengenal stadion ini melalui pertandingan FIFA World Cup tahun lalu. Tapi ternyata, stadion Maracanã pernah juga digunakan saat ajang World Cup 1950, Pan American Games 2007 serta FIFA Confederations Cup 2013. Sedangkan di tahun 2016 mendatang, stadion ini akan digunakan untuk opening dan closing ceremony untuk ajang Summer Olympics & Paralympics 2016.

 

Selain pertandingan olahraga, stadion ini pun pernah digunakan untuk berbagai pertunjukan musik. Sebut saja beberapa musisi dunia sekelas Frank Sinatra, Madonna, Paul McCartney dan Rolling Stones yang pernah tampil di Maracanã.

 

Konstruksi Bangunan

Dibangun tahun 1948, stadion ini memang disiapkan pemerintah Brazil menjadi stadion utama World Cup 1950, yang kala itu menjadi stadion sepak bola terbesar yang ada di dunia. Namun, stadion ini tidak mengalami perubahan sampai tahun 1990-an, sampai terjadi sebuah kecelakaan mematikan yang diakibatkan oleh keamanan gedung.

 

Pada saat pengumuman FIFA mengenai tuan rumah World Cup 2014, Maracanã mendapat renovasi besar-besaran, membuat stadion ini dapat menyediakan 79 ribu kursi penonton. Sementara pembukaan kembali stadion ini dilakukan pada tanggal 2 Juni 2013, digunakan untuk pertandingan persahabaran antara Brazil dan Inggris yang kala itu mendapat skor imbang, 2-2.

 

Rumah Klub Sepakbola

Estádio Jornalista Mário Filho yang letaknya di negara bagian Rio de Janeiro, Brazil, ini dijadikan rumah bagi klub sepakbola Fluminense dan Flamengo. Selain itu, klub sepak bola Rio lain seperti Botafogo dan Vasco da Gama juga terkadang menggunakan stadion ini untuk beberapa pertandingan.

 

Sebagai Saksi Sejarah

Sejak bulan Agustus 2013, Stadion Maracanã telah melayani lebih dari 3.4 juta penggemar olahraga. Lebih dari 129 permainan juga sudah diadakan dalam stadion ini., dengan rata-rata 9 pertandingan setiap bulannya. Catatan lain pun menunjukkan bahwa telah terjadi 356 gol yang tercetak di Stadion Maracanã, didatangi sebanyak 68.857 penonton saat Final Brasil Cup Game 2013 dan menjadi bukti saat bintang sepak bola Flamengo, Hernane, yang menjadi pencetak gol terbanyak dengan 20 gol sejak stadion ini dibuka kembali.

 

Tentu membanggakan jika dapat melihat permainan sepak bola langsung melalui stadion ini, terlebih jika anak Anda bermain bersama timnya. Hal tersebut sangat mungkin terwujud, jika anak Anda telah melakukan latihan sepak bola sejak dini. Agar bakat anak dapat diarahkan lebih maksimal, tidak ada salahnya Anda memasukannya di soccer school Jakarta  yang berkualitas

 

Sources :

stadiumguide.com/maracana/

maracana.com/site/en

diakses pada 22 Maret 2015

 

© Brazilian Soccer Schools Indonesia 2019 all rights reserved.

Contact Us