top of page

Ketahui, 4 Posisi Utama Pemain Sepak Bola di Lapangan



Dari tahun ke tahun sepak bola masih mendapatkan tempat di hati para penggemarnya. Jarang sekali terlihat pertandingan sepak bola sepi penonton, baik ditonton secara langsung maupun ditayangkan melalui televisi.


Sepak bola sendiri terdiri dari 11 orang pemain utama. Para pemain telah menempati posisi dan tugasnya masing-masing. Semuanya bekerja sama dalam satu tim untuk mencapai tujuan bersama, yaitu mencetak gol dan meraih kemenangan.


Melalui artikel ini, BSS Indonesia akan membahas tentang 4 posisi pemain yang wajib diketahui para penggemar sepak bola. Simak sampai habis ya!


A. 4 Posisi Pemain dalam Permainan Sepak Bola


  1. Goalkeeper Posisi penjaga gawang atau dikenal juga dengan kiper berada di posisi paling depan. Atribut yang cukup mencolok dari kiper adalah sarung tangan dan jersey yang digunakan biasanya berbeda dengan pemain lainnya. Salah satu larangan umum dalam permainan sepak bola adalah menyentuh bola dengan tangan. Kiper memiliki kebebasan atas larangan ini, asalkan tetap berada di area penaltinya. Seringkali kamu melihat postur tubuh kiper yang tinggi dan besar. Hal ini dikarenakan posisi kiper menjadi pertahanan sebuah tim ketika mendapatkan serangan dalam lawan. Tidak hanya postur tubuh, kemampuan berpikir cepat, refleks yang baik, kelincahan dan kecepatan juga harus dimiliki oleh penjaga gawang.

  2. Striker Posisi pemain selanjutnya adalah striker. Bertugas sebagai penyerang biasanya berada di dekat gawang milik lawan. Sering juga berperan sebagai forward untuk mencetak gol. Kemampuan utama yang harus dimiliki oleh seorang striker handal adalah teknik, ketangkasan, dan bakat. Ketika striker diberikan umpan bola, pemain yang berada di posisi ini diharuskan untuk mencetak gol. Maka dari itu, insting yang kuat dan konsentrasi tinggi juga perlu dimiliki oleh para striker.

    1. Center-Forward Posisi pemain center-forward atau penyerang tengah berada di sekitar gawang lawan. Berperan sebagai penyerang dan pencetak gol dari umpan bola yang diberikan oleh teman satu tim. Dengan adanya pemain penyerang tengah, pemain sayap dan gelandang serang diberikan ruang untuk memancing perhatian atas pertahanan yang sudah dibentuk lawan.

    2. Wings-Forward Pemain penyerang sayap biasa disebut dengan withdrawn striker bertugas menyerang pergerakan lawan. Maka dari itu, pemain ini ditarik ke posisi belakang. Tugas lainnya adalah mencetak dan sebagai penyerang dari samping atau sayap lapangan.

  3. Defender Defender atau pemain bertahan ini biasanya menempati posisi belakang. Tugasnya adalah mencegah gol berdekatan dengan kiper. Defender sendiri memiliki 4 macam posisi yang harus kamu ketahui:

    1. Center Back Ditempati oleh 2 pemain belakang yang posisinya berada di tengah. Perannya adalah menjaga pertahanan pada bagian tengah. Kemampuan menyundul sangat berguna untuk posisi ini karena dapat mencegah serangan saat dilakukannya tendangan bebas.

    2. Wings Back Ditempati oleh 2 pemain belakang yang posisinya berada di kanan dan kiri lapangan. Perannya adalah menjaga pertahanan sayap. Dibandingkan dengan pemain lainnya, posisi wings back bertugas 2 kali lebih banyak sehingga fisik dan tenaga yang dimiliki harus yang paling kuat.

  4. Midfielder Pemain yang menempati posisi midfielder atau gelandang di antara penyerang dan pemain bek. Sesuai dengan posisinya, gelandang bertugas menghubungkan antara penyerang dengan bek guna menghindari serangan yang berasal dari lawan untuk mematahkan pertahanan. Baca Juga: Sering Cedera saat Bermain Sepak Bola, Bagaimana Cara Menghindarinya? Tidak hanya itu, gelandang juga bertugas sebagai penggiring bola saat terjadi serangan ke arah depan untuk diberikan ke pemain penyerang. Kekuatan paling banyak digunakan pemain yang menempati posisi gelandang adalah tenaga. Karena pemain tersebut harus menempuh jarak lapangan dalam sebuah permainan sepak bola yang cukup jauh. Midfielder sendiri terbagi ke dalam beberapa posisi sebagai gelandang, berikut penjelasannya .

    1. Defending Midfielder Pemain gelandang bertahan yang memiliki singkatan DM ini menempati posisi pada di belakang batas pertahanan dan di depan batas pembela. Bertugas sebagai pencegah bola dari lawan sampai ke batas pertahanan. Sehingga dapat mencegah masuknya bola lawan ke gawang tim.

    2. Center Midfielder Disebut-sebut sebagai pemain gelandang tengah karena posisinya berada di tengah lapangan. Tentu ada maksud dari penempatan posisi tersebut yaitu menjaga area tengah lapangan. Selain itu juga bertugas sebagai pencetak peluang gol, mengatur gaya permainan, serta membantu menjaga pertahanan sayap dan tengah.

    3. Attacking Midfielder Kemampuan yang harus dimiliki oleh gelandang serang adalah pengendalian bola yang baik karena pemain di posisi berperan sebagai otak dari sebuah tim. Tentu, pemain gelandang serang harus bisa mengatur strategi dengan cepat untuk memperoleh kemenangan tim.

    4. Winger Peran yang dimiliki gelandang sayap dan gelandang serang hampir sama. Perbedaannya gelandang sayap menempati sisi kanan atau kiri lapangan.


Dari penjelasan diatas, posisi manakah yang kamu baru tahu?



 

Brazilian Soccer Schools


Brazilian Soccer Schools adalah sekolah sepak bola (SSB) bergaya Brazil yang bertujuan untuk membangun pondasi anak-anak untuk belajar sepak bola. Sistem pembinaan pada Brazilian Soccer Schools tergolong unik dan menarik seperti pemain Brazil, permainan Futebol de Salao dan dilengkapi dengan musik Samba memberikan sensasi latihan yang menyenangkan.


Ketahui lebih lanjut mengenai Brazilian Soccer School dengan menghubungi kontak di bawah ini:


Brazilian Soccer Schools

Plaza Asia / ABDA, Lantai 26

Jl. Jend. Sudirman Kav. 62 Jakarta Selatan

Phone: 021-514-01679

Mobile: 08787-555-4115

E-mail: info@bssindonesia.co.id


Comments


Featured Posts
Recent Posts
Search By Tags
bottom of page