top of page

Siasati Puasa, Lakukan Olahraga di 3 Pilihan Waktu Terbaik

Bagi sebagian orang, puasa sering membuat tubuh menjadi lemas. Padahal, meski berpuasa kamu tetap harus melakukan aktivitas fisik, salah satunya adalah olahraga. Hal ini dapat terjadi karena kamu belum menemukan waktu olahraga yang tepat pada saat puasa.


Dikutip dari CNN Indonesia, ahli gizi klinis RSCM, Fiastuti Witjaksono sangat menganjurkan orang yang berpuasa untuk tetap beraktivitas seperti biasa dan berolahraga.


“Karena tidak makan dan minum di siang hari bukan berarti Anda hanya duduk atau tidur saja, harus aktif bergerak. Ini juga untuk menjaga kebugaran tubuh,” kata Fiatuti.


Satu hal yang harus diperhatikan jika kamu ingin berolahraga saat puasa adalah waktu. Penyesuaian waktu olahraga yang tepat dapat menghindari tubuh kamu dari gangguan kesehatan. Lalu, kapan waktu yang pas untuk berolahraga saat puasa?




A. 3 Waktu Olahraga yang Disarankan saat Puasa

Berikut 3 pilihan waktu terbaik untuk kamu yang ingin berolahraga saat puasa.


  1. Sebelum buka puasa Tahu, nggak? Berolahraga di waktu perut masih kosong dapat membantu proses pembakaran lemak lebih banyak dibandingkan dengan perut terisi loh! Pastinya, hal ini menguntungkan untuk kamu yang sedang program menurunkan berat badan saat puasa. Lemak yang terbakar lebih banyak akan membantu mempercepat keberhasilan program yang sedang kamu jalani. Kamu bisa berolahraga pada 1 - 2 jam sebelum waktu berbuka puasa. Olahraga pada waktu ini juga dapat mengisi ngabuburit kamu dengan kegiatan yang bermanfaat untuk tubuh. Sisa-sisa energi yang hilang setelah kamu gunakan untuk berolahraga akan cepat tergantikan saat waktu buka puasa tiba. Jika kamu punya riwayat penyakit gula darah rendah ataupun dehidrasi tidak perlu dikhawatirkan lagi. Namun, tetap harus durasi waktu yang dapat kamu gunakan saat sebelum buka puasa. Perlu diingat bahwa kamu menggunakan sisa energi yang sedikit, sehingga harus dibatasi. Durasi waktu yang dianjurkan untuk berolahraga adalah tidak lebih dari 60 menit.

  2. Sesudah buka puasa Sesudah buka puasa menjadi waktu olahraga yang paling bisa kamu banyak manfaatkan untuk beraktivitas fisik. Pasalnya, hanya di waktu inilah kamu dapat makan dan minum. Perlu diingat, kamu harus menunggu makanan yang kamu konsumsi saat berbuka larut dalam tubuh. Sehingga waktu yang terbaik adalah 3 jam setelah buka puasa. Dikarenakan perut yang sudah terisi, energi pada tubuh rasanya seperti di-charge kembali. Tidak ada durasi waktu yang membatasi kamu untuk berolahraga. Kamu juga dapat dengan bebas menambahkan asupan makanan setelah olahraga. Jika waktu selesai latihan sudah larut malam, pilih lah makanan yang tidak terlalu berat. Kamu bisa mengkonsumsi buah-buahan pada waktu ini.

  3. Sesudah sahur Hampir sama dengan sesudah berbuka puasa, pada waktu sesudah sahur tubuhmu baru saja menerima makanan yang dikonsumsi saat sahur. Namun yang membedakannya adalah kamu baru akan memulai puasa. Pada waktu olahraga ini, cukup lakukan gerakan dengan intensitas ringan. Hindari aktivitas dengan intensitas berat karena kamu harus menyimpan energi untuk lanjut beraktivitas pada kegiatan lainnya hingga maghrib tiba. Waktu olahraga mana yang kamu pilih, nih? Kalau Brazilian Soccer Schools selama puasa Ramadhan pilih dan tetapkan jadwal latihan di sebelum jam buka puasa.


 

Brazilian Soccer Schools

Brazilian Soccer Schools adalah sekolah sepak bola (SSB) bergaya Brazil yang bertujuan untuk membangun pondasi anak-anak untuk belajar sepak bola. Sistem pembinaan pada Brazilian Soccer Schools tergolong unik dan menarik seperti pemain Brazil, permainan Futebol de Salao dan dilengkapi dengan musik Samba memberikan sensasi latihan yang menyenangkan.


Ketahui lebih lanjut mengenai Brazilian Soccer School dengan menghubungi kontak di bawah ini:


Brazilian Soccer Schools

Plaza Asia / ABDA, Lantai 26

Jl. Jend. Sudirman Kav. 62 Jakarta Selatan

Phone: 021-514-01679

Mobile: 08787-555-4115

E-mail: info@bssindonesia.co.id


コメント


Featured Posts
Recent Posts
Search By Tags
bottom of page