Pelé, Pesepakbola Brazil Terbaik Sepanjang Masa

Pelé, salah satu pemain legendaris Brazil yang berhasil menyabet tiga gelar Piala Dunia dan dianggap sebagai pemain sepak bola terbaik sepanjang masa karena kepiawaiannya dalam mencetak gol. Untuk memotivasi para calon pemain bola, berikut kisah inspirasi mengenai Pelé.

 

Masa Kecil

Pelé lahir dengan nama Edson Arantes do Nascimento pada 23 Oktober 1940 di Três Corações, Brazil. Saat kecil, Pelé hidup sederhana bersama ibu dan sang ayah, Thomas Edison, yang juga pemain sepak bola. Sekalipun hidupnya miskin, semangat Pelé dalam mengembangkan bakat sudah terlihat dimana ia mempelajari dasar sepak bola dengan menendang kaus kaki yang digulung di lingkungan rumahnya.

 

Saat usia remaja, Pelé kemudian bergabung dengan skuad muda yang dilatih langsung oleh Waldemar de Brito, mantan anggota timnas Brazil. Melihat bakat yang dimiliki Pelé, sang pelatih meyakinkan keluarga agar mengizinkan Pelé untuk bergabung dalam klub sepak bola profesional.

 

Karir Sepak Bola

Saat berusia 15 tahun, Pelé menandatangani kontrak dengan Santos dan mulai menunjukkan kemampuannya dengan mencetak banyak gol, membuat tim nya memimpin klasemen liga musim pertama. Hal ini membuat popularitas Pelé semakin meningkat, membuatnya direkrut menjadi pemain tim nasional Brazil.

 

Keberhasilan di Piala Dunia

Pelé secara resmi dikenal dunia saat Piala Dunia 1958 yang dilangsungkan di Swedia. Kala itu, Pelé tampil dengan kecepatan yang luar biasa, mencetak tiga gol dalam kemenangan 5-2 lawan Perancis di semifinal dan mencetak dua gol saat final untuk kemenangan 5-2 atas tuan rumah.

 

Di tahun 1962, ia kembali mengikuti ajang Piala Dunia yang diadakan di Chili. Tetapi, saat itu ia mendapatkan cedera, mengharuskannya untuk tidak mengikuti pertandingan saat babak kedua. Sekalipun tidak ikut dalam permainan, tapi Brazil kembali memengangkan Piala Dunia dan Pelé saat itu mendapatkan gelar pencetak gol terbanyak. Begitu pula di tahun 1970, dimana Pelé membawa Brazil menang melawan Italia dengan skor 4-1.

 

Popularitas Pelé

Pada 18 Juli 1971, Pelé menyatakan pensiun dari kompetisi internasional. Tetapi, popularitas Pelé tidak berhenti, karena di tahun 1978, Pelé dianugerahi Penghargaan Perdamaian Internasional oleh UNICEF, Menteri olahraga Brazil dan menjadi duta ekologi dan lingkungan oleh PBB.

 

Untuk menjadi seorang Pelé, dibutuhkan bakat dan kemampuan yang dilatih sejak kecil. Untuk itu, Anda yang ingin menjadikan anak Anda sebagai pemain bola profesional di masa depan, saatnya melatih mereka melalui sekolah bola  terbaik yang ada di Indonesia.

 

 

Sources :

biography.com/people/pel%C3%A9-39221#the-legend-lives-on

notablebiographies.com/Ni-Pe/Pel.html

encyclopedia.com/topic/Pelé_(soccer_player).aspx

(diakses pada 23 Maret 2015)

© Brazilian Soccer Schools Indonesia 2019 all rights reserved.

Contact Us