top of page

Mengenal Induk Organisasi Sepak Bola Dunia dan Indonesia



Sepak bola merupakan olahraga yang dilakukan secara beregu, ada sebelas pemain termasuk kiper. Sama dengan olahraga lainnya, olahraga sepak bola juga memiliki induk organisasi sepak bola. Baik organisasi dunia atau internasional, maupun nasional.


Organisasi yang menaungi sepak bola pertama kali adalah FA (Football Association) dari Inggris tahun 1863. Dari organisasi tersebut, terbentuklah peraturan-peraturan dasar permainan sepak bola. Perkembangan sepak bola terus terjadi beriringan dengan terbentuknya organisasi sepak bola lainnya.

A. Induk Organisasi Sepak Bola Dunia dan Indonesia

Seiring berjalannya waktu, sepak bola semakin menyebar dan terbentuklah induk organisasi yang menaungi sepak bola dunia. Selain dunia, induk organisasi juga ada khusus untuk sepak bola Indonesia. Apa nama induk organisasi untuk sepak bola? Simak penjelasan berikut.

  1. FIFA, Organisasi Sepak Bola Dunia Induk organisasi yang menaungi sepak bola dinamakan FIFA (Federation Internationale de Football Association). FIFA pertama kali dibentuk di Paris pada tahun 1904. Organisasi ini terus berkembang dari tahun ke tahun, menaungi puluhan tim sepak bola nasional dan klub dari berbagai negara. Secara umum, FIFA berperan sebagai induk organisasi untuk sepak bola internasional yang punya tujuan utama membantu mengembangkan dan membuat sepak bola semakin mendunia. Salah satu kompetisi yang jadi sorotan pecinta bola dunia adalah kompetisi FIFA world cup.

  2. PSSI, Organisasi Induk Sepak Bola Indonesia Beralih ke sepak bola indonesia, induk organisasinya adalah PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia). Organisasi ini berdiri tahun 1930 tepatnya di Yogyakarta, ketua pertama menjabat dari 1930-1940 oleh Soeratin Sosrosoegondo. Sejak 2019 hingga sekarang, pemimpin PSSI adalah Mochamad Iriawan. Sebenarnya bukan Indonesia saja yang punya PSSI Sebagai induk organisasi untuk sepak bola. Negara lain juga punya organisasi sepak bola. Contoh, UEFA di Eropa, CONCACAF di Amerika Utara, dan CONMEBOL di Amerika Latin.



B. Peran FIFA dan PSSI

Berdirinya FIFA dan PSSI memegang penting bagi dunia sepak bola. Organisasi tersebut terstruktur, terus berkembang mengikuti perkembangan sepak bola, memiliki visi dan misi, serta berupaya mencapai tujuan. Dalam hal ini, ada beberapa peran yang FIFA dan PSSI jalan, apa saja?

  1. FIFA Melakukan Promosi Sepak Bola ke Dunia FIFA terus berupaya untuk mempromosikan bola ke dunia, salah satu bentuk promosinya adalah dengan mengadakan kompetisi, seperti piala dunia. Selain itu, FIFA juga menjalin kerja sama dengan beberapa pihak, seperti organisasi non profit baik nasional maupun internasional, pemerintah, dan lain-lain.

  2. FIFA Menetapkan Peraturan Dalam Sepak Bola FIFA menetapkan peraturan dalam sepak bola. Peraturan yang dikeluarkan seputar pertandingan sepak bola, seperti pemain, ukuran lapangan, peraturan untuk wasit, dan lain-lain. Tak hanya itu, FIFA juga menetapkan standar keamanan stadion.


Bukan hanya membuat dan menetapkan peraturan, FIFA perlu memastikan peraturan tersebut telah terlaksana. Apabila terjadi pelanggaran maka FIFA berhak memberikan sanksi. Contoh sanksi FIFA, yaitu melarang tim nasional ikut bertanding di kompetisi internasional.


PSSI Membina Tim Nasional Sebagai induk organisasi yang menaungi sepak bola indonesia, PSSI punya peran membina tim nasional menjadi pemain profesional dan berprestasi, mampu unggul dalam pertandingan internasional maupun regional. Dalam hal ini, PSSI juga mengontrol pertandingan yang terselenggara di Indonesia.


Sebenarnya masih banyak peran FIFA dan PSSI lainnya. Lantas, apakah induk organisasi sepak bola dunia FIFA dan nasional PSSI saling berkaitan? Ya, FIFA bekerja sama dan terus mendukung PSSI untuk mengembangkan sepak bola Indonesia, disamping itu ada aturan FIFA yang harus PSSI patuhi.


 

Brazilian Soccer Schools


Brazilian Soccer Schools adalah sekolah sepak bola (SSB) bergaya Brazil yang bertujuan untuk membangun pondasi anak-anak untuk belajar sepak bola. Sistem pembinaan pada Brazilian Soccer Schools tergolong unik dan menarik seperti pemain Brazil, permainan Futebol de Salao dan dilengkapi dengan musik Samba memberikan sensasi latihan yang menyenangkan.


Ketahui lebih lanjut mengenai Brazilian Soccer School dengan menghubungi kontak di bawah ini:


Brazilian Soccer Schools

Plaza Asia / ABDA, Lantai 26

Jl. Jend. Sudirman Kav. 62 Jakarta Selatan

Phone: 021-514-01679

Mobile: 08787-555-4115

E-mail: info@bssindonesia.co.id


Comments


Featured Posts
Recent Posts
Search By Tags
bottom of page