top of page

RONALDINHO DAN SKILL TERBAIKNYA

Ronaldinho memiliki nama asli Ronaldo de Assis Moreira. Lahir di Porto Alegre pada 21 Maret 1980. Ayahnya bernama João Moreira yang merupakan tukang las di galangan kapal dan juga mantan pesepakbola. Ibunya bernama Miguelina de Assis adalah perawat. Kakak laki-lakinya bernama Roberto de Assis Moreira.



Skill Ronaldinho

A. Profile Ronaldinho

Ia sangat beruntung lahir di keluarga pemain sepak bola karena ayah dan kakak laki-lakinya pernah menjadi pemain sepak bola. Sehingga, memang dari kecil Ronaldinho telah terbiasa dengan dunia sepak bola.


Kehidupannya yang tinggal di salah satu kota termiskin di Brazil membuat ia saat kecil harus bermain sepak bola di permukaan pasir. Satu-satunya lapangan dengan rumput hanya terdapat di bagian pojok. Ayah dan kakaknya menjadi pelatih pertama Ronaldinho. Namun, semenjak Ayahnya meninggal, Roberto lah yang menjadi pelatih tunggal bagi Ronaldinho.


Roberto meneruskan keterampilannya dalam bermain sepak bola ke adiknya, Ronaldinho. Beberapa keterampilan dasar yang diajarkan Roberto adalah sebagai berikut:

  • Latihan menggiring dan memegang bola di darat maupun udara

  • Menggiring bola dengan menekuk lutut

  • Tidak menatap bola saat menggiring bola

  • Latihan gerakan minimal jarak 1 meter dari lawannya.

  • Latihan akselerasi setelah melakukan gerakan


Latihan ini rutin dilakukan oleh Ronaldinho hingga ia pernah mengatakan:

"Roberto memaksa saya melakukan juggle sebanyak 500 kali. Dia berdiri untuk melihat saya melakukannya dan tidak akan pernah pergi hingga saya menyelesaikannya.

Ini menghilangkan semua kesenangannya bagi saya dan, pada usia itu, membuat saya sangat marah. Saya menangis. Saya tidak mengerti. Tapi kemudian saya mengerti apa yang dia inginkan."



Skill Ronaldinho


5 SKILLS RONALDINHO

  1. Jogo Bonito Istilah yang erat dengan pemain Brazil ini diartikan sebagai permainan yang dilakukan dari hati yang akan melahirkan permainan indah, kreatif, dan gembira selama pertandingan sepak bola. Bahkan Jogo Bonito dianggap sebagai sihir yang berhasil menjuarai beberapa Piala Dunia, seperti tahun 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002. Piala Dunia 2002 menjadi salah satu bukti kejuaraan dunia dengan menerapkan sihir tingkat dewa di dalam pola skill individu Jogo Bonito. Benar saja, Brazil berhasil menggebrak tiga kemenangan secara beruntun. Pada perempat final, tantangan baru datang dari Inggris setelah melewati Belgia di 16 besar. Kesempatan inilah dimanfaatkan oleh Ronaldinho memperlihatkan kembalinya identitas Jogo Bonito. Tendangan bebas dari jarak 35 meter menghasilkan gol yang diakui sebagai salah satu gol terbaik Piala Dunia hingga saat ini.

  2. Hocus Pocus Bisa dibilang trik bermain bola satu ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Ronaldinho menerapkan trik ini dengan menggiring bola dengan sisi bagian dalam kaki mendekati tumit, seakan-akan ingin melakukan backheel. Backheel adalah teknik menendang bola dengan tumit. Tipuan gerakan backheel ini cukup rumit. Pasalnya, bola digiring memutari belakang kaki kiri, kemudian kembali ke kaki kanan menggunakan kaki bagian sisi luar. Meski terlihat rumit, trik ini berhasil membuat lawan Ronaldinho menyerah, lho!

  3. Patented Free Kicks Tendangan bebas Ronaldinho menjadi terkenal di Piala Dunia 2002, ketika ia melakukan tendangan bebas dari sayap ke gawang yang dijaga oleh Seaman. Bahkan, tendangan bebasnya sangat terkenal di Brazil, dan setelah pindah ke Paris Saint-Germain dan Barcelona, ​​tendangan bebasnya yang luar biasa juga terkenal. Gambaran sederhana dari tendangan bebas Ronaldinho adalah bahwa tendangan tersebut tidak dapat diprediksi dan mudah untuk dikirim dan diterima. Dia memiliki semua jenis tendangan bebas, artileri berat, sentuhan ringan ke tanah, dan bimbingan yang tepat. Selama karirnya, ia mencetak 66 tendangan bebas. Jumlah ini sama dengan Victor Lerotallé, tetapi mengingat perbedaan platform dan kesulitan, Ronaldinho jelas harus diberi peringkat lebih tinggi.

  4. No Look Passing No Look Passing sudah jelas merupakan salah satu ciri khas dari Ronaldinho. Tentunya ia adalah pesepakbola pertama yang sering menggunakan trik passing tanpa melihat dan memberikan efek yang luar biasa. Ini adalah salah satu hal favorit Ronaldinho ketika dia masih bermain di Barcelona. Ia mulai menambahkan trik sepak bola ini ke dalam repertoarnya selama pertandingan. Tidak ada yang melakukan No Look Passing dalam sepak bola seperti Ronaldinho.

  5. The Elastico Elastico memiliki banyak nama lain yang mungkin kamu pernah mendengarnya, seperti Flip Flap, Snakebite, Akka, atau La Culebrita. Ada yang pernah kamu dengar namanya? Secara mudahnya, Elastico adalah trik yang digunakan untuk membohongi lawan (feint). Kalau kamu pernah lihat pemain yang memainkan gerakan seakan-akan menggiring bola ke kanan namun ternyata dengan cepat pindah ke kiri, nah itu adalah trik dari Elastico. Mungkin bagi sebagian orang trik ini terlihat simpel, tapi kamu harus bisa bergerak cepat dan lakukan gerakan ini secara smooth sehingga lawan tidak memiliki waktu untuk melawan kamu. Refleks tubuh yang baik sangat dibutuhkan untuk menggunakan trik ini karena kamu harus pintar mengontrol badan, kaki, dan bola yang sedang kamu giring.


Skill Ronaldinho

Berikut beberapa highlights yang harus kamu lihat mengenai trik-trik sepak bola yang dimainkan oleh Ronaldinho hingga disebut-sebut sebagai salah satu pemain terbaik pada masanya. https://www.instagram.com/p/CcCf7S-hVg7/?igshid=YmMyMTA2M2Y=


 

Brazilian Soccer Schools


Brazilian Soccer Schools adalah sekolah sepak bola (SSB) bergaya Brazil yang bertujuan untuk membangun pondasi anak-anak untuk belajar sepak bola. Sistem pembinaan pada Brazilian Soccer Schools tergolong unik dan menarik seperti pemain Brazil, permainan Futebol de Salao dan dilengkapi dengan musik Samba memberikan sensasi latihan yang menyenangkan.

Ketahui lebih lanjut mengenai Brazilian Soccer School dengan menghubungi kontak di bawah ini:


Brazilian Soccer Schools

Plaza Asia / ABDA, Lantai 26

Jl. Jend. Sudirman Kav. 62 Jakarta Selatan

Phone: 021-514-01679

Mobile: 08787-555-4115

E-mail: info@bssindonesia.co.id


Featured Posts
Recent Posts
Search By Tags
bottom of page