top of page

SISI POSITIF PERMAINAN SEPAK BOLA DALAM MENGELOLA SIKAP


Positif sepakbola

Sepak bola adalah salah satu jenis olahraga yang dilakukan secara beregu 2 tim berbeda dengan beranggotakan 11 pemain. Masing-masing tim mencetak gol dan menjaga gawang dari lawan sebagai upaya untuk menang.


A. Kelola Sikap melalui Permainan Sepak Bola

Olahraga ini melibatkan gerakan fisik, motorik halus, motorik kasar, mental, hingga kerjasama tim yang kompak. Semuanya perlu diperhatikan agar menciptakan gerakan bola yang dinamis.


Tidak hanya itu, pertandingan sepak bola juga memiliki sisi positif yang dapat dirasakan oleh para pemain khususnya generasi muda. Diantaranya mendapatkan pelajaran hidup berupa nilai-nilai, sikap dan perilaku positif yang pastinya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.


Apa saja sih sisi positif dari permainan sepak bola? Simak penjelasan berikut ini!



Positif sepakbola

5 Sisi Positif Sepak Bola terhadap Sikap Para Pemain

Sudah tidak heran jika sepak bola dinilai menjadi salah satu jenis olahraga yang memiliki segudang manfaat bagi para pemainnya. Berikut adalah 5 sisi positif dari permainan sepak bola.


  1. Meningkatkan Sikap Sportifitas Dalam sebuah permainan sepak bola, menang-kalah menjadi hal yang pasti terjadi. Menang ataupun kalah harus dapat disikapi dengan sportifitas yang tinggi. Jika kamu menang, sikapi dengan rasa bangga namun tetap dalam hal yang wajar. Sedangkan jika kamu kalah, maka terima kekalahan dengan lapang dada. Junjung terus sportifitas dalam permainan sepak bola ya!

  2. Meningkatkan Kepercayaan Diri Salah satu tujuan bermain sepak bola adalah mencetak skor dengan memasukkan bola ke gawang. Seringkali, lawan yang terus menghalangi menjadikan permainan terlihat sulit. Maka dari itu, seorang pemain sepak bola perlu membentuk rasa kepercayaan diri dan berpikir positif untuk mencapai tujuan tersebut. Pikiran yang positif akan mendorong motivasi seorang pemain sepak bola menjadi lebih percaya diri dan bersemangat.

  3. Kemampuan Sosialisasi dan Solidaritas Sepak bola merupakan salah satu jenis olahraga yang dilakukan bersama tim. Sebagai satu tim, tentu kamu perlu memiliki kemampuan sosialisasi dan rasa solidaritas. Kemampuan sosialisasi biasa dimulai dari perkenalan sampai dengan bermain bersama di lapangan. Jika hal tersebut sering dilakukan, maka tidak akan ada rasa grogi antar permain.

  4. Mengajarkan Kerja Sama Tidak hanya sosialisasi dan solidaritas, sepak bola jiga dapat memberikan pengertian mengenai kerjasama tim yang baik dan benar. Dalam sebuah tim, masing-masing anggota harus bisa mengesampingkan sikap egois agar permainan sepak bola dapat berjalan lancar. Kamu juga dapat belajar untuk menerima perbedaan pendapat dalam membuat sebuah keputusan. Sehingga perlu adanya kerja sama tim yang baik.

  5. Melatih Ketekunan Usaha untuk mencapai gelar pemain profesional dibarengi dengan ketekunan dalam latihan rutin. Dengan latihan yang tekun, kemampuan kamu pun akan bertambah seiring berjalannya waktu.


Maka dari itu, BSS Indonesia membuka sesi latihan di beberapa titik venue. Jadwal tersebut dapat kamu lihat melalui Instagram berikut ini:

  1. BSS Indonesia: @bssindonesia

  2. BSS for Toddler: @bssfortoddler

  3. BSS Basketball: @bssbasketballid

  4. BSS LFA: @bsslfa


Sudahkah kamu sudah bergabung dengan BSS Indonesia?


Featured Posts
Recent Posts
Search By Tags
bottom of page