top of page

Porsi Latihan Sepak Bola Berdasarkan Kelompok Usianya




Sepak bola menjadi olahraga dengan banyak peminat dari berbagai usia. Tidak sedikit orang yang ingin mempelajari sepak bola lebih dalam lagi. Tentunya, materi pembelajaran yang sesuai dengan tingkat usianya dapat meningkatkan efektivitas dan pastinya juga lebih efisien.


Pemahaman mengenai sepak bola dibagi menjadi empat fase, yaitu fase usia 6 tahun, fase usia 8 tahun, fase usia 10 tahun, dan fase usia 12 tahun.


Penasaran kan, bagaimana sih pembagian materi sepak bola berdasarkan kelompok usianya? Simak penjelasan berikut ini ya!



A. Kelompok Usia Sepak Bola dan Porsi Latihannya


Seperti penjelasan di atas, kelompok usia dalam sepak bola dibagi menjadi 4 (empat) fase, diantaranya sebagai berikut:


1. Usia 6 tahun

Pada tahap usia 6 tahun atau di bawah 8 tahun, latihan yang paling bagus adalah berbentuk sentuhan. Latihan-latihan kecil dan ringan menjadi porsi latihan sepak bola untuk anak usia 6 tahun. Selain itu, lapangan yang digunakan pun berukuran kecil. Tujuannya adalah untuk memberikan pelatihan individual skills dan keterampilan dengan sedikit arahan. Latihan yang dilakukan juga harus disertai suasana yang menyenangkan dan berirama agar anak-anak dapat menikmati latihan sepak bola dengan gembira.

2. Usia 8 tahun



Kelompok usia 8 tahun ke atas, memiliki mental meniru apa yang mereka sukai. Mulai dari mengenal pemain-pemain sepak bola yang hebat, kemampuan hebat yang dimiliki idolanya, bahkan memunculkan sifat petualang. Maka dari itu, anak usia 8 tahun Sekolah menjadi kesibukan yang mereka habiskan setengah harinya untuk tumbuh dan berkembang di sana. Nyatanya, sekolah formal terkadang kurang memberikan wadah bagi anak untuk kenal dan melatih kemampuan yang dimilikinya. Sekolah sepak bola hadir untuk membantu memberikan arahan serta tumbuh dan berkembang secara psikologis. Sehingga mampu meningkatkan motivasi anak melalui sekolah sepak bola. Kondisi mental dan koordinasi fisik anak sudah dianggap baik. Secara psikologis, anak sudah mulai bisa menyampaikan pendapatnya dan menerima pendapat dari orang lain. Selain itu, juga mampu menguasai beberapa teknik dasar permainan sepak bola, meniru gerakan-gerakan sepak bola dari idolanya.

3. Usia 10 tahun



Pemain pada kelompok usia 10 tahun ke atas, benar-benar membutuhkan klub sepak bola untuk meningkatkan kemampuan yang dimilikinya serta memperkenalkan dunia sepak bola yang kompetitif. Tidak hanya belajar pada usia 10 tahun, sejak usia 6 tahun, kemampuan sepak bola seperti game atau bertanding sudah dipelajari berbarengan dengan skills. Program seperti ini pada Brazilian Soccer School merupakan metode yang diterapkan untuk melatih rasa bertanggung jawab dan sportivitas pada anak. Maka dari itu, kelompok usia 10 tahun dianggap sudah lebih matang untuk ikut bertanding pada beberapa kompetisi atau pertandingan. Hal ini bertujuan untuk memperlihatkan kondisi lapangan secara langsung, bagaimana seorang anak harus mengerti dan mampu beradaptasi secara cepat.

4. Usia 12 tahun



Pada usia 12 tahun, anak-anak sedang berada di fase peralihan ke remaja sehingga terdapat perbedaan secara mental seperti tingkat pubernya. Sehingga perbedaan tersebut berpengaruh pada sikap kritis, kepekaan, kebutuhan akan pujian, hingga pengakuan. Anak-anak juga mulai bisa memilah dan memilih hal-hal positif dan negatif dalam diri idolanya. Proses meniru juga masih terus berlangsung pada anak kelompok usia 12 tahun. Metode latihan yang cocok adalah latihan dengan penuh tantangan. Dengan begitu, anak akan merasakan antusiasme dalam dirinya, belajar berpikir kritis atas hal-hal yang terjadi serta belajar menempatkan prioritas antara dirinya dengan kepentingan timnya.


Salah satu contohnya adalah permainan dengan model small side games 4 v 4 yang bagus untuk mengajarkan mengenai kerja sama tim dan pengertian (game understading) sebelum mereka masuk pada 11 v 11 nantinya.


Tentunya segala bentuk latihan dan pembelajaran untuk kelompok usia berapapun didukung oleh peran pelatih profesional. Pelatih profesional dalam sekolah bola diharuskan memiliki pengalaman dalam melatih anak-anak secara teori maupun praktik secara efektif. Sehingga dapat meningkatkan antusiasme dari anak-anak itu sendiri.



 

Brazilian Soccer Schools


Brazilian Soccer Schools adalah sekolah sepak bola (SSB) bergaya Brazil yang bertujuan untuk membangun pondasi anak-anak untuk belajar sepak bola. Sistem pembinaan pada Brazilian Soccer Schools tergolong unik dan menarik seperti pemain Brazil, permainan Futebol de Salao dan dilengkapi dengan musik Samba memberikan sensasi latihan yang menyenangkan.


Ketahui lebih lanjut mengenai Brazilian Soccer School dengan menghubungi kontak di bawah ini:


Brazilian Soccer Schools


Plaza Asia / ABDA, Lantai 26


Jl. Jend. Sudirman Kav. 62 Jakarta Selatan


Phone: 021-514-01679


Mobile: 08787-555-4115


E-mail: info@bssindonesia.co.id

Featured Posts
Recent Posts
Search By Tags
bottom of page