top of page

Apa Kepanjangan dari SSB dan Arti SSB dalam Sepak Bola



Betapa besar kegemaran masyarakat dunia, termasuk Indonesia, terhadap sepak bola, sampai-sampai ada sekolah untuk mendidik anak-anak bermain bola, yakni SSB. Arti SSB demikian penting dalam mencetak bibit-bibit unggul sejak masih anak-anak. Namun apakah hanya itu?

A. Apa Arti SSB?

Arti SSB itu sendiri memiliki kepanjangan “Sekolah Sepak Bola”. SSB bertujuan mengajarkan pelajaran permainan sepak bola yang baik dan benar. SSB pun menjadi salah satu bagian organisasi yang khusus dalam sepak bola. Fungsi paling utama adanya SSB adalah pengembangan potensi.

Oleh karena yang masuk sekolah tersebut adalah anak-anak, maka pembinaannya dalam sepak bola pun bisa dilakukan sejak usia dini. Tempat ini berperan penting dalam memberikan bimbingan dan arahan untuk mengembangkan dan mendayagunakan potensi para siswanya terkait sepak bola.


B. Fungsi Sekolah SSB

Tidak jauh berbeda dari fungsi sekolah pada umumnya, yakni mendidik dan mengajar para siswanya. Fungsi-fungsi lainnya yang tak lepas pula dari sepak bola, seperti:

  • Bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungan.

  • Berpengetahuan umum.

  • Punya keterampilan dasarnya.

  • Kepribadian sosialnya terbentuk.

  • Sumber daya manusia dari bidang sepak bola berhasil terlahir dan tersedia untuk lingkungan yang lebih luas ke depannya.

  • Berkaitan dengan kebudayaan.




C. Standar Kualitas SSB

SSB yang berkualitas setidaknya harus memiliki beberapa faktor utama berikut ini:

1. Sarana dan Prasarana

Tentu tidak mungkin sebuah sekolah olahraga tidak punya sarana olahraga yang baik, layak, mapan, dan memadai. Selain lapangan dan bola, harus ada alat-alat peraga, ruangan untuk fitness, serta berbagai fasilitas penunjang dengan standar nasional hingga internasional.

2. Kurikulum

Adanya kurikulum yang dibuat dengan baik, tidak serampangan atau asal jadi, dan berorientasi pada perkembangan potensi siswa dalam bermain bola. Kurikulumnya mesti berdasarkan tingkatan usia para siswa serta cara-cara pembinaannya, baik teknik, taktik, mental, hingga secara keseluruhan.

3. Kualitas Pelatih

Tanpa pelatih yang berkualitas atau bahkan tersertifikasi, tidak mungkin anak-anak SSB bisa berkembang dengan baik. Jadi pelatihnya pun harus cukup pengalaman serta berwawasan luas dalam membina pemain sepak bola usia dini.

4. Manajemen

Manajemen adalah satu hal penting yang dapat menjaga tiga poin sebelumnya agar senantiasa berjalan pada jalurnya. Jika manajemennya kacau, maka pendidikan dan bimbingan untuk anak-anak juga akan jadi asal-asalan. Akibatnya, tentu saja terhadap perkembangan para siswa.

Faktor yang terakhir ini juga berkaitan dengan satu komponen yang mesti ada pula dalam sekolah sepak bola, yakni penanggung jawab. Tanpa adanya penanggung jawab yang kompeten untuk setiap kebutuhan pengelolaan, maka sebuah SSB tidak akan dapat berjalan dengan baik.


D. Tujuan Utama Sekolah Sepak Bola

Pendirian banyak SSB yang tersebar di berbagai daerah memiliki tujuan untuk para siswanya, antara lain:

  • Menjadi wadah yang menyediakan kesempatan untuk anak-anak agar dapat mengembangkan potensi, minat, bakat, dan kecintaannya terhadap sepak bola. Jadi anak-anak pun nantinya bisa menjadi pemain-pemain andal yang berkualitas.

  • Persaingan yang sehat dan konstruktif antar-SSB.

  • Mendapat tempat dalam lingkungan masyarakat, sekaligus menjaga kelangsungan organisasinya.

  • Mengajarkan dasar-dasar yang kuat mengenai cara-cara yang benar dalam permainan sepak bola.

  • Membentuk kebiasaan, sikap, kerangka berpikir, kepribadian, serta perilaku yang baik dalam sebuah permainan sepak bola.

  • Dapat berprestasi seiring berjalannya waktu para siswa dalam bermain sepak bola.


Arti SSB dalam sepak bola bukan hanya sekolah yang mengajarkan tentang permainan sepak bola semata. Melainkan juga turut andil dalam melahirkan generasi baru dengan bibit-bibit yang unggul lewat pendidikan dan bimbingan yang benar.


Brazilian Soccer Schools


Brazilian Soccer Schools adalah sekolah sepak bola (SSB) bergaya Brazil yang bertujuan untuk membangun pondasi anak-anak untuk belajar sepak bola. Sistem pembinaan pada Brazilian Soccer Schools tergolong unik dan menarik seperti pemain Brazil, permainan Futebol de Salao dan dilengkapi dengan musik Samba memberikan sensasi latihan yang menyenangkan.


Ketahui lebih lanjut mengenai Brazilian Soccer School dengan menghubungi kontak di bawah ini:


Brazilian Soccer Schools

Plaza Asia / ABDA, Lantai 26

Jl. Jend. Sudirman Kav. 62 Jakarta Selatan

Phone: 021-514-01679

Mobile: 08787-555-4115

E-mail: info@bssindonesia.co.id

Yorumlar


Featured Posts
Recent Posts
Search By Tags
bottom of page