top of page

Kenapa Tak Perlu Berhenti Berolahraga Saat Puasa?

Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa olahraga memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Salah satu manfaat olahraga yang paling umum adalah menjaga kebugaran jasmani.Untuk merasakan manfaatnya, olahraga harus dilakukan secara rutin meskipun kamu sedang berpuasa.


A. Alasan tetap berolahraga saat puasa

Pertanyaan "kenapa tetap harus berolahraga saat puasa?" seringkali muncul pada sebagian orang, atau mungkin kamu juga?


Pola makan saat puasa mengalami perubahan. Dapat kamu lihat pada perubahan waktu makan, pembatasan waktu makan, hingga pola tidur. Perubahan tersebut dapat mempengaruhi ritme tubuh seseorang secara drastis.


Tujuan utama berolahraga adalah untuk memperkuat tubuh dari gangguan seperti penyakit. Selain itu, olahraga dipercaya dapat dijadikan sebagai aktivitas untuk mengontrol jasmani dan rohani agar lebih terkontrol.


Kenyataannya, olahraga saat puasa memiliki manfaat besar untuk tubuh kamu. Apa saja? Simak penjelasan berikut ini!

Berolahraga saat berpuasa

B. 5 Manfaat Olahraga untuk Tubuh saat Berpuasa

  1. Menjaga daya tahan tubuh Jika kamu berpikir olahraga saat puasa tubuh akan lemas, itu salah besar. Justru olahraga akan meningkatkan daya tahan tubuh yang mengalami penyusutan selama puasa. Selain itu, tubuh yang harus berhenti berolahraga saat puasa akan terasa kaku dan mudah lelah untuk memulai olahraga kembali nantinya. Penurunan fisik inilah yang harus kamu hindari dengan tetap berolahraga saat puasa.

  2. Meningkatkan produktivitas Meski kamu sedang menahan lapar dan haus, bukan berarti kamu tidak melakukan aktivitas sama sekali. Memang tidak dipungkiri rasa malas seringkali melanda saat kita berpuasa. Salah satu cara keluar dari rasa malas adalah berolahraga. Manfaat olahraga dalam hal ini adalah kestabilan emosi yang baik dan mempersiapkan energi untuk menjalani aktivitas.. Dengan begitu, kinerja dan produktivitas pun akan meningkat.

  3. Mengurangi stres Tanpa sadar, seringkali kamu merasakan stres lantaran terus merasakan lapar dan haus. Apalagi ditambah dengan pikiran yang lainnya. Nah, olahraga dapat mengatasi rasa stres tersebut. Dengan berolahraga, kamu akan memiliki kesibukan yang membuat lupa dengan rasa lapar dan haus. Jika kamu melakukan olahraga di pilihan waktu terbaik, maka puasa tidak akan terasa lama.

  4. Membentuk otot tubuh Saat tubuh dalam kondisi berpuasa, hormon insulin akan diproduksi dengan cara yang berbeda. Biasanya, makan sebelum berolahraga hanya akan meningkatkan insulin dan lemak. Sehingga saat berolahraga tubuh hanya akan membakar lemak. Sedangkan saat berpuasa, tubuh tidak dimasuki asupan makanan. Hormon insulin pada tubuh dapat dikelola dengan baik dan teratur. Hal inilah yang menjadi alasan berolahraga saat puasa akan lebih cepat menambah massa otot.

  5. Meningkatkan kemampuan atletis Olahraga dalam kondisi puasa mengajarkan tubuh kamu untuk menggunakan energi melalui lemak yang terdapat dalam tubuh. Melalui proses ini, metabolisme tubuh secara otomatis akan lebih fleksibel sehingga kemampuan atletismu meningkat. Peningkatan ini dapat kamu rasakan saat tubuh terasa lebih berenergi dan ringan untuk melaksanakan aktivitas sehari-hari.


Jika kamu gemar bermain sepak bola sebagai aktivitas olahraga, BSS sarankan untuk tetap menjalankan rutinitas tersebut meski sedang berpuasa sekalipun agar kamu merasakan manfaat olahraga seperti penjelasan di atas. Namun, kamu tetap harus memperhatikan porsi dan durasi saat bermain sepak bola.


Saat kamu bermain bola terlalu berat, maka tubuh akan membutuhkan asupan untuk mengembalikan tenaga. Maka, batasi porsi dan durasi bermain bola saat puasa agar tidak menimbulkan dampak negatif ke tubuhmu.



 

Brazilian Soccer Schools

Brazilian Soccer Schools adalah sekolah sepak bola (SSB) bergaya Brazil yang bertujuan untuk membangun pondasi anak-anak untuk belajar sepak bola. Sistem pembinaan pada Brazilian Soccer Schools tergolong unik dan menarik seperti pemain Brazil, permainan Futebol de Salao dan dilengkapi dengan musik Samba memberikan sensasi latihan yang menyenangkan.


Ketahui lebih lanjut mengenai Brazilian Soccer School dengan menghubungi kontak di bawah ini:


Brazilian Soccer Schools

Plaza Asia / ABDA, Lantai 26

Jl. Jend. Sudirman Kav. 62 Jakarta Selatan

Phone: 021-514-01679

Mobile: 08787-555-4115

E-mail: info@bssindonesia.co.id


Featured Posts
Recent Posts
Search By Tags
bottom of page